Header Ads

Analisis Fundamental BJTM : Saham Dividen Terbaik Versi Kampus Investor



Analisis Fundamental PT. Bank Pembangunan Daerah ( BPD ) Jawa Timur, Tbk ( BJTM ) menjadi pilihan saya di detik-detik menuju 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Alasannya, karena bagi saya, BJTM merupakan salah satu saham pemberi dividen yield terbesar, namun dengan harga yang cukup terjangkau di kalangan " investor anak kost ". 

Sebelum saya menjelaskan fundamental BJTM, ada baiknya kita mengenal perusahaan ini lebih jauh dari sudut pandang lain. Saya telah mengumpulkan berbagai macam artikel rujukan tentang BJTM dan tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan kuat untuk kalian berinvestasi di perusahaan ini.

ARTIKEL RUJUKAN :
Setelah dibaca, maka selanjutnya kita menganalisis fundamental saham BJTM ini.


Analisis Fundamental Growth Investing

  • Earning Growth

Dari tahun 2007 - 2016, Earning Bank Jatim terus meningkat. Hal ini membuktikan bahwa Bank Jatim sangat konsisten terhadap pertumbuhan pendapatannya di masa yang akan datang.

  • Asset Growth



Jika dilihat dari pertumbuhan asset, maka sekali lagi Bank Jatim sangat konsisten. Sektor keuangan perbankan, hal yang harus kita perhatikan utama adalah Asset. Karena semakin tinggi pertumbuhan asset, maka menunjukkan seberapa baik perusahaan mengelola keuangannya.

  • Average ROA



Tingkat pengembalian pada asset menunjukkan betapa " piawainya " manajemen mengelola aset-aset ke berbagai instrumen investasi, pembiayaan, dll, sehingga memperoleh imbal hasil yang baik.


Berdasarkan 3 indikator penilaian untuk sektor perbankan, maka dapat saya simpulkan bahwa :



Analisis Fundamental Value Investing

Ada 4 indikator penilaian di dalam menganalisis sebuah perusahaan  menggunakan value investing versi kami di sektor perbankan/jasa keuangan. Keempat indikator tersebut diantaranya :
1. Perusahaan harus selalu membagi dividen minimal 5 tahun terakhir
2. PER perusahaan berada di bawah 15x
3. PBV perusahaan berada dibawah 1,5
4. DAR perusahaan menunjukkan jumlah aset harus lebih besar 1,3 kali lipat dari utang
Nah, berikut gambaran analisis fundamental saham BJTM
Perusahaan selalu membagikan dividen sejak tahun 2013. Dan jika kalian menelusuri rekam jejak dividen yieldnya, maka kalian akan menemukan dividen yield yang cukup besar untuk mengalahkan bunga deposito. Rata-rata berada di 6%-9% setiap tahun. Oleh sebab itu, saya merekomendasikan kepada kalian Mahasiswa Investor yang ingin mendapatkan pendapatan dividen rutin, maka BJTM menjadi salah satu pilihan yang terbaik.

So, kesimpulannya :


Jika kedua pendekatan analisis digabung, maka dapat saya simpulkan bahwa PT. Bank Pembangunan Daerah ( BPD ) Jawa Timur, Tbk ( BJTM )  mendapatkan skor 87.5% Layak Investasi.


Note : Perusahaan ini sangat baik dari segi fundamental. Saya sangat merekomendasikan perusahaan ini untuk disimpan sebagai aset investasi, karena selain mendapatkan keuntungan jangka panjang, kita juga akan mendapatkan dividen yang cukup besar dibandingkan dengan bunga deposito. NAMUN, semua keputusan berada di tangan investor. Saya hanya memberikan penilaian berdasarkan pandangan saya, bukan kondisi memaksakan Anda untuk membeli. Selalu BACA DISCLAIMER!
 
Disclaimer :

Semua keputusan jual maupun beli merupakan keputusan pribadi setiap investor. Saya tidak bermaksud mengajak untuk membeli saham tertentu, melainkan hanya menulis hasil analisis. Setiap kerugian menjadi tanggungjawab anda. Sikapi dengan bijak, jadi investor mandiri.

Pada saat ini saya sedang memegang saham BJTM dengan average 644

No comments