Header Ads

Perjalanan Masih Panjang: Mimpi Besar Seorang Investor



Sahabat Kampus Investor yang saya banggakan. Berbicara tentang investasi tentu sudah tidak asing bagi kita. Apalagi jika kita berbicara tentang dunia saham, sebagai sebuah instrument investasi yang sangat baik dalam rangka mendukung ekonomi Bangsa dan kemandirian ekonomi pribadi. Setiap orang, pribadi, kelompok, berlomba-lomba untuk memperoleh keuntungan maksimal dari hasil investasinya di pasar modal, termasuk saya pribadi. Tetapi tidak semua harapan itu menjadi kenyataan di dalam kehidupan kita. Boleh saja kita "mengakui" bahwa kita adalah "suhu" di dunia investasi, tetapi kenyataannya, kerugian masih menyelimuti. Bisa jadi ada yang menamai dirinya "newbie" tetapi mampu mencetak tingkat pengembalian investasi (ROI) lebih dari 20% setahun. Perbedaan ini menunjukkan bahwa tidak ada yang mutlak di dalam dunia investasi. Tidak selamanya orang yang hebat akan menjadi pemenang. Dan tidak selamanya orang yang menang, dia adalah hebat.

Apa yang kita pelajari di dalam realita tersebut?

  • Janganlah Menjadi Bosan Untuk Belajar
        Ketika seseorang sudah merasa dipuncak, maka apa yang dilihat olehnya menjadi kecil. Dia terlena akan sesuatu yang telah dicapai. Namun disini adalah letak "RODA ITU BERPUTAR". Dalam kehidupan, saya selalu percaya bahwa sesuatu yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh kerja keras, pasti akan menghantarkan kita pada suatu titik puncak. Maka dari itu, sadarlah untuk mempertahankan apa yang sudah di capai selama ini. Terus berusaha, terus belajar dan terus memperbaharui diri, karena disitu roda tidak akan kembali menghantarkan anda kebawah. Begitu pula dengan investasi. Ketika kita merasa sudah "jago" mendapatkan keuntungan ratusan persen, janganlah terlena untuk berdiam. Teruslah belajar, teruslah menemukan cara investasi terbaik anda. 

  • Bersedekahlah dari kelebihanmu
          Kelebihan hasil investasi merupakan sebuah Prestasi dan perlu untuk berbagi. Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan "capital gain" seperti Anda. Ada berbagai alasan yang melatarbelakangi itu semua. Anda yang memiliki "hoki". Berilah sedikit hasil itu, tidak selamanya tentang materiil. Berbagilah ilmu kepada mereka yang selalu merasa "loss" di pasar modal, dan berbagilah rejeki kepada mereka yang masih susah mencari rejeki diluaran sana. Semoga indahnya berbagi semakin membuat kita merasa rendah diri.

Kedua hal diatas menjadi pembelajaran terbaik bagi saya, begitupun bagi sahabat Kampus Investor. Entah mau mengaplikasikannya di dalam kehidupan atau tidak, ini hanya bentuk ungkapan isi hati saya.

Dan disini, mimpi besar seorang investor, mimpi besar saya adalah ketika apa yang saya punya bisa dimiliki oleh mereka yang membutuhkan. Perjalanan masih panjang. Disini saya terus dengan tanpa kenal lelah, saya mencoba berbagi tulisan sederhana yang tak punya nilai kepada sahabat-sahabat Kampus Investor semua. Saya percaya bahwa semua yang kita lakukan tulus, entah satupun orang tidak menerima, setidaknya kita sudah berbagi.

Saya mengajak semuanya untuk terus belajar, belajar dan belajar menjadi investor sukses dikemudian hari. Inilah mimpi kita bersama. Mimpi yang mungkin hampir sama.

Terus berinvestasi, jadikan ekonomi kita kuat, jaga bursa saham kita agar tetap kokoh. Jangan takut krisis, karena kita sebenarnya penentu krisis tersebut. 

Salam Cuan!

No comments